Oleh : Sjachrul Firdaus

  • Indonesia Travel Academy (ITA)
    Setelah KLM Business Campus mencetak Authorize Instructornya di Indonesia, tindak lanjut dari kerja samanya dengan  ASTINDO  akan dijalankan melalui suatu program kerja sama yang diberi nama Indonesia Travel Academy (ITA), yaitu program training untuk menjadi tenaga ticketing.  ASTINDO melalui ASTINDO Training Center (ATC) bersama-sama dengan Learning Resources, suatu lembaga pengembang training yang berkantor pusat di Inggris itu, akan segera memasarkan program E-learning Ticketing yang dibuat  oleh KLM Business Campus .
  • Peluang kerja yang sangat luas
    Setiap hari kita melihat iklan di social media internet maupun pada media cetak, iklan-iklan yang dibuat oleh travel agent yang sedang  mencari karyawan untuk bagian Ticketing. Iklan lowongan atau kesempatan kerja seperti ini bukan hanya dibuat oleh travel agent yang masih baru saja, tetapi juga oleh travel agent yang sudah lama, dan bahkan juga oleh travel agent yang besar-besar. Mereka tidak putus-putusnya mencari tenaga ticketing  yang nyaris hampir setiap hari. Hal tersebut menunjukan betapa besarnya peluang kerja untuk menjadi ticketing staf travel agent di Indonesia. Tentunya kesempatan seperti ini bukan hanya dapat  dimanfaatkan oleh angkatan kerja di Indonesia saja, namun juga sudah mulai dibidik oleh para pencari kerja dari Negara-negara tetangga dan Negara asing lainnya, khususnya dalam mengahadapi tahun 2015 yang mulai menerapkan “Free flow of skilled labor”.   
     
  • Metode Belajar Mudah dan Cepat Untuk Pemula
    ASTINDO sebagai asosiasi travel agent yang membidangi ticketing ini, tentunya sangat peduli atas tingginya kebutuhan anggotanya terhadap tenaga ticketing. Kerjasama dengan KLM Business Campus tersebut adalah meng-aplikasikan program training ticketing  dengan metode belajar yang cukup mudah dan cepat bagi seorang pemula. Training tersebut diberi nama “Selling & Changing Ticket” dengan metode  E – Learning  yang hanya membutuhkan waktu 6 (enam) minggu untuk menguasai kompetensi pekerjaan sebagai “Junior Ticketing”. Metode training modern ini ditujukan kepada mereka yang sedang mencari atau ingin bekerja dibagian ticketing, sekalipun tidak mempunyai dasar (basic) pendidikan maupun pengalaman dalam bidang ticketing maupun airlines. Yang penting pesertanya terbiasa dengan social media internet, dan yang paling penting lagi adalah mau belajar.    
     
  • ASTINDO Menjamin Pekerjaan
    Dewan Pengurus Nasional (DPN) ASTINDO melalui koordinator bidang SDM – sdr Denny M Noordin dari MAS Travel dan koordinator bidang Ticketing Internasional – sdr Surya dari Dwi Daya Tour , telah mempelajari program ini dengan baik dan menetapkan program E-learning ini menjadi  salah satu program percepatan pemenuhan SDM di travel industry. Dimana modul dan materi trainingnya sangat tepat untuk memenuhi tuntutan bagian ticketing  di industry, baik untuk travel agent maupun untuk airlines. Oleh karenanya ASTINDO dapat menjamin untuk mendapatkan pekerjaan bagi peserta training  E-Learning ticketing yang dapat menyelesaikannya dengan baik.