•    Oleh Subagiyo – Astindo/ Jan-2012
( Sumber : detikTravel/Sri Anindita Nursanti )


Baik itu seminggu maupun setahun, keliling dunia adalah perjalanan sekali seumur hidup. Namun, hal itu tak lagi menjadi sulit dengan adanya Round-the-World Ticket, tiket ajaib Anda untuk berkeliling dunia.

Berkeliling dunia rupanya tak sesulit yang Anda bayangkan. Mengapa? Karena beberapa maskapai penerbangan mengeluarkan Round-the-World (RTW) Ticket untuk memudahkan Anda mencapai beberapa destinasi sekaligus. Anda bisa melakukan perjalanan dengan rute sesuai maskapai yang bersangkutan, mulai dari empat kota dalam satu benua, hingga 18 titik pemberhentian di negara dan benua yang berbeda.

Tiga perusahaan penerbangan yang mengeluarkan tiket RTW adalah SkyTeam, Sky Alliance, dan Oneworld Alliance. Masing-masing memiliki syarat dan ketentuan yang berlaku bagi pemegang tiketnya. Lamanya waktu tinggal di masing-masing titik pemberhentian sudah dibicarakan dalam perjanjian maskapai dengan negara yang bersangkutan. Namun yang paling penting, harga tiketnya tergolong murah!

Misal, dengan harga US$ 1.699 (sekitar Rp 15 juta) Anda bisa terbang dari New York-Shanghai-Bangkok-Dubai-Johannesburg-Paris-New York. Beberapa maskapai menerapkan regulasi bahwa Anda harus memulai dan mengakhiri perjalanan di kota yang sama. Namun, lamanya Anda tinggal di masing-masing kota tergantung regulasi dari maskapai yang bersangkutan.

Mau rute yang lebih jauh lagi? Jika berangkat dari San Fransisco, Anda bisa menempuh rute San Fransisco-Hong Kong-Hanoi-Saigon/Ho Chi Minh-Bangkok-Phuket-Denpasar(Bali)-Singapura-Kuala Lumpur-Delhi-Bombay/Mumbai-Dubai-Addis Ababa-Nairobi-Johannesburg-Kairo-Istanbul-London-Reykjavik-New York-San Fransisco. Harga tiket RTW untuk rute ini mulai dari US$ 2.999 (sekitar Rp 27 juta, belum termasuk pajak).

Harga tiket RTW bervariasi tergantung dari kelas kabin, negara keberangkatan, jumlah negara/ benua yang akan ditempuh, jarak (biasanya antara 30.000-60.000 kilometer), juga musim ketika Anda berangkat. Biasanya, ketiga maskapai penyedia tiket RTW mematok harga mulai dari US$ 3.000-5.000 untuk kelas ekonomi dengan rute di atas 18 kali pemberhentian.

Masing-masing maskapai memiliki rute, jarak tempuh, serta lama perjalanan yang berbeda untuk tiap tiket RTW. Star Alliance memiliki 27 maskapai berbeda di seluruh dunia, yang memudahkan Anda menentukan penerbangan dari satu tempat ke tempat lainnya. Perusahaan penerbangan ini juga memiliki cakupan terluas dibanding maskapai lainnya, terutama di Eropa dan Asia.

Namun, Star Alliance memasukkan kota transit dalam hitungan 1 kali pemberhentian. Misal, Anda terbang dari Los Angeles menuju Sydney dengan transit di Fiji. Maka, penerbangan tersebut dihitung 2 kali pemberhentian. Hal seperti ini menghabiskan jatah tiket RTW Anda, misalnya dengan 16 kali pemberhentian.

Oneworld Alliance memiliki 12 maskapai yang menghubungkan seluruh dunia, dengan lebih dari 750 destinasi yang bisa Anda datangi. Namun, waktu tinggal di masing-masing destinasi cenderung sempit sehingga Anda tak bisa berlama-lama tinggal di satu kota.

Masing-masing perusahaan penerbangan memiliki kelebihan dan kekurangan, tinggal sesuaikan saja perusahaan mana yang pas untuk Anda. Untuk memilih rute penerbangan dan membeli tiketnya, Anda bisa mengunjungi situs penerbangan yang bersangkutan maupun beberapa travel agent lintas benua. Sekarang, siapkah Anda untuk berkeliling dunia? ***