Oleh Subagiyo – Astindo / Dec-2012

“ AMAN, KOMPETEN DAN PROFESIONAL “ itulah tema yang akan diangkat pada perhelatan Kongres Astindo 2013. Agenda utama dalam kongres ini adalah memilih Ketua Umum Dewan Pengurus Nasional (DPN) untuk periode 4 (empat) tahun ke depan.

Kongres yang akan diselenggarakan 30 Januari 2013 di Jakarta ini bermakna sangat strategis bagi peletakan landasan roda organisasi Astindo kedepan di era perubahan yang sedemikian luar biasa dalam bisnis angkutan udara secara umum dan bisnis penjualan tiket penerbangan khususnya, termasuk rencana liberalisasi Asean 2015 di sektor ketenagakerjaan (free flow of skilled labor), dan Asean open Sky yang semakin dekat implementasinya.

Faktor-faktor yang disebutkan di atas merupakan beberapa faktor makro yang memaksa pelaku bisnis penerbangan untuk memutar otak agar bisa survive dan berkembang dengan tingkat daya saing tinggi melalui berbagai restrukturisasi internal mereka, pola distribusi penjualan dan peningkatan kualitas SDM-nya.

Hal ini bisa kita rasakan imbasnya secara langsung pada dinamika bisnis penjualan tiket penerbangan, karena pada sisi maskapai penerbangan tentu “efisiensi” adalah menjadi kata kunci bagi mereka. Nah, keadaan seperti ini bisa kita baca sebagai potensi perubahan pola kerjasama bisnis antara pihak airlines dengan  Perusahaan Penjual Tiket penerbangan.

Peran pemerintah, dalam hal ini departemen perhubungan sebagai regulator dalam bisnis penerbangan semakin kita butuhkan kehadirannya untuk menciptakan kondusifitas dan fairness dalam hubungan bisnis antar pelaku bisnis penerbangan dan sektor penunjangnya ( baca: Para pelaku bisnis penjualan tiket penerbangan).

Dari sisi Travel Agent ( baca: Perusahaan Penjual Tiket Penerbangan), mau tidak mau harus mampu beradaptasi dengan situasi tersebut diatas, yaitu dengan meng up-grade level kompetensi karyawannya dan merubah cara-cara berbisnis tradisional menjadi lebih profesional dengan meningkatkan standar pelayanan kepada pelanggan.

Astindo sebagai asosiasi yang menaungi perusahaan Penjual Tiket Penerbangan paham betul dengan situasi tersebut di atas, oleh karena itu berbagai program kerja telah dan akan digulirkan untuk menjawab berbagai tantangan tersebut, misalnya dengan program-program pelatihan dan sertifikasi untuk para staff anggota astindo, meluncurkan program jaminan keamanan terhadap deposit agen di airlines dengan bekerja sama dengan perusahaan asuransi, penyelenggaraan event Astindo Fair ( Consumer Travel Fair) yang representative.

Profesionalisme pengelolaan organisasi juga kan menjadi issue menarik dalam kongres ini, karena Astindo kedepan berhadapan dengan berbagai tantangan untuk menelorkan program-program, misalnya untuk membantu peningkatan SDM (Sumber Daya Manusia ) anggota Astindo khususnya, dan travel agent secara umum di Indonesia agar bisa bersaing di era free flow of skilled labor secara global.
   
Itulah sedikit gambaran betapa penting dan strategisnya Kongres Astindo 2013. Selamat ber-kongres !