Kamis tanggal 3 Maret 2022 dimulai pukul 10.30 pagi, telah dibuka secara resmi  ASTINDO Hybrid Travel Fair 2022 oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif – bapak Sandiaga Salahudin Uno secara virtual dari perjalan di Jambi. Acara pembukaan ASTINDO Hybrid Travel Fair 2022 juga disaksikan oleh Direktur Angkutan Udara ibu Maria Kristi Endah, Kepala Dinas Pariwisata & Ekonomi Kreatif DKI Jakarta, Kepala Dinas Kebudayaan DKI Jakarta, yang juga mendapat sambutan secara online dari Deputi Bidang Koordinasi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Kemenko Maritim dan Investasi bapak Odo R.M Manuhutu dan Staf Ahli Menteri Perhubungan bapak Prof Wihana Kirana Jaya.

ASTINDO Hybrid Travel Fair 2022 yang akan digelar dari tanggal 3 -6 Maret 2022 dengan mengambil tempat di Main Atrium Mall PIK Avenue di Jakarta Utara ini dengan misi untuk me-reaktivasi industri pariwisata sekaligus mendukung pemulihan ekonomi nasional. ASTINDO – Asosiasi Travel Agent Indonesia secara rutin menyelenggarakan ASTINDO Travel Fair sejak tahun 2011 hingga 2020, dan ASTINDO Virtual Travel Fair di tahun 2021.

ASTINDO Hybrid Travel Fair 2022skalanya jauh lebih kecil dari tahun-tahun sebelumnya yang diselenggarakan ASTINDO. Hal tersebut dilakukan untuk menyesuaikan kondisi para Travel Agent yang nyaris mati suri selama 2 (dua) tahun, namun harus segera dibangkitkan kembali, agar tidak tertidur lelap kata Pauline Suharno Ketua Umum ASTINDO yang baru saja terpilih menjadi President FATA – Federation of ASEAN Travel Association pada sambutan pembukaannya.

ASTINDO berkolaborasi dengan Mall PIK Avenue sehingga harga sewa lahan pun tidak terlalu memberatkan para Travel Agent yang menjadi peserta ATF 2022 yang selama ini sudah merugi.  Mengacu kepada instruksi Pemerintah RI, agar masyarakat diminta tetap patuh pada protokol kesehatan, tetapi tetap harus dapat mendinamiskan roda perekonomian, Ketua Umum ASTINDO  ini memberanikan diri untuk menggelar Travel Fair walaupun masih dalam PPKM.

Travel Agent sudah 2 tahun menderita, dengan semakin meratanya vaksinasi di Indonesia, dan melihat kondisi di luar negeri yang sudah mulai mempermudah perjalanan wisata baik domestic maupun internasional, kami berpendapat ini adalah saat yang tepat untuk mulai menggelar barang dagangan kami dan berjualan lagi. Harapannya tentu saja agar travel agent dapat menaikkan sales, apalagi melihat kondisi tahun lalu di mana terjadi peningkatan transaksi penjualan secara konsisten mulai dari bulan Januari 2021 – November 2021, ujar Pauline.

Ketua Panitia PelaksanaASTINDO Hybrid Travel Fair 2022 Anton Sumarli menyampaikan bahwa acara ini dilaksanakan secara Hybrid yaitu offline dan online, sehingga para pengunjungselain berkunjung ke Mall PIK Avenue, juga dapat melihat showcase Travel Fair melalui website www.astindovirtualtravelfair.com, serta berinteraksi secara langsung dengan travel assistant dari para Travel Agent peserta ASTINDO Hybrid Travel Fair 2022.

Turut berpartisipasi dalam pameran ini 15 Travel Agent, 4 Desa Wisata pemenang Anugerah Desa Wisata 2021. ASTINDO Hybrid Travel Fair 2022 juga didukung oleh 14 Maskapai Penerbangan domestic dan internasional yakni All Nippon Airways, Cathay Pacific, China Airlines, Citilink, Etihad Airways, EVA Air, Garuda Indonesia, Japan Airlines,  Nam Air, Qatar Airlines, Qantas Airways, Singapore Airlines, Sriwijaya Air, Super Air jet dan juga Heli City. Tak ketinggalan badan promosi pariwisata luar negeri pun turut hadir memeriahkan ASTINDO Hybrid Travel Fair 2022, yaitu Tourism Australia yang menjadi preferred destination, Korea Tourism Organization, Tourism Authority of Thailand, Singapore Tourism Boarddan Tourism Malaysia.

Penyelenggaraan ASTINDO Hybrid Travel Fair 2022 didukung oleh Kementerian Perhubungan RIKementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Dinas Pariwisata & Ekonomi Kreatif DKI Jakarta danDinas Kebudayaan DKI Jakarta.  Selain itu ASTINDO juga berkolaborasi dengan BCA sebagai bank partner yang akan menyediakan kemudahan transaksi pembayaran melalui payment link, serta potongan harga khusus bagi pemegang kartu kredit BCA. Setiap transaksi tiket selama pameran pun akan mendapatkan “Free travel insurance” dari BCA Insurance. Galileo Travelport Indonesia dan ATI Technology juga turut berperan dalam menyediakan platform reservasi serta display bagi pengunjung virtual.

Selama penyelenggaraan ASTINDO Hybrid Travel Fair 2022, panggung di isi dengan acara Tari-tarian Betawi persembahan dari Dinas Kebudayaan DKI, Talkshow mengenai produk-produk wisata termasuk dari Desa-Desa Wisata pemenang Anugrah Wisata 2021, dan juga Fashion show yang menampilkan pakaian Daerah Bali. Selain itu ASTINDO juga memberikan subsidi untuk penjualan Paket Wisata Domestik ke 5 Destinasi Super Prioritas (DSP) plus Belitung dan Bali, yang bertujuan untuk lebih mendimaiskan program pemerintah, serta memberikan ruang pamer untuk lebih mensukseskan penyelenggaraan Moto GP di Mandalika .

Dalam periode 4 (empat) hari ASTINDO Hybrid Travel Fair 2022 ini, dikinjungi oleh kurang lebih 10.000 pengunjung langsung, sehingga terjadi buka tutup untuk menghibdari kerumunan yang melampaui batas PPKM. Selain itu juga acara ini dihadiri secara online dari berbagai penjuru Indonesia. Dalam rangka mendukung program pemerintah yang dalam hal ini adalah Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, ASTINDO mensubsidi harga Paket Wisata Domestic, khususnya untuk tujuan ke 5 (lima) Destinasi Super Prioritas (DSP). Sehingga paket-paket wisata ke 5 DSP tersebut akan lebih terjangkau,” tambah Anton.

“ASTINDO tentunya berharap travel fair kami menjadi salah satu pemicu semangat bagi teman-teman Travel Agent. Kami secara konsisten sejak pandemic terus berupaya mengadakan aktivitas bagi para anggota, dari mulai training, webinar, talk show, travel mart, travel fair, dsb. Tentunya dengan tujuan agar anggota kami dapat mengembangkan bisnisnya, dan berperan aktif dalam pengembangan industri pariwisata Indonesia pada umumnya.” Tutup Pauline

Join to newsletter.

Curabitur ac leo nunc vestibulum.