Sebagai asosiasi travel agent yang membidangi Tiket Penerbangan, ASTINDO selalu berusaha untuk mendinamiskan bisnis anggota dan industrinya. Salah satu programnya adalah beraudiensi dengan airlines dan yang paling teratur adalah beraudiensi dengan national carrier yaitu Garuda Indonesia. Pada tanggal 20 Juni 2014, Elly Hutabarat – Ketua Umum ASTINDO didampingi oleh Penasehat Dewan Pengurus Nasional, Budhi Gani dan Rudiana – Wkl Ketua Umum, serta Direktur Eksekutif – Sjachrul Firdaus, beraudiensi dengan Garuda Indonesia, yang diterima oleh Erik Meijer – EVP Marketing & Sales Garuda Indonesia yang didampingi oleh Nicodemus P Lampe – VP Jakarta & West Java,  Deviyanti - VP Revenue Management, Sukamdo – Senior Manager Distribution.

Erik sangat menghargai keberhasilan ASTINDO dalam menyelenggarakan ASTINDO Fair dengan pengunjung dan transaksi yang cukup tinggi. Ditahun-tahun mendatang Garuda akan lebih berkonsentrasi mengikuti ASTINDO Fair saja dari pada menyelenggarakan sendiri Travel Fair-nya, yang penting penjualan Garuda pada travel fair hasilnya meningkat.

Travel Agent adalah penyumbang penjualan mayoritas bagi Garuda Indonesia, dan dalam audiensi tersebut Erik menyampaikan terima kasihnya kepada Ketua Umum ASTINDO yang telah memberi masukannya berupa keluhan terhadap kebijakan Garuda yang tidak melibatkan Travel Agent sebagai mitra dan saluran ditribusi resminya, dalam membuat skema promosi penjualan ticket-ticketnya bersama pihak ketiga lainya, yang justru berdampak negative kepada Garuda sendiri.

Penerapan NRCC (Net Remittance Credit Card) yang dapat meringankan beban Travel Agent, terus diperjuangkan oleh ASTINDO agar dapat di implementasikan di Indonesia. Garuda Indonesia sedang mempelajari program NRCC ini, karena apabila diimplementasikan secara voluntary akan menimbulkan biaya tambahan sangat besar untuk airline dan hanya bisa dilakukan jika dibarengi dengan peningkatan revenue/penjualan secara signifikan. Disisi lain ada factor lain yang harus dipertimbangkan, karena NRCC ini model bisnisnya sangat berbeda dengan yang berlaku saat ini. Demikian kata Erik Meijer.  

Penerbangan Garuda ke London akan dimulai tanggal 8 September 2014, yang merupakan extension dari penerbangan ke Amsterdam. Saat ini Garuda sedang mengevaluasi apakah tahun depan bisa menambahkan lagi 1-2 destinasi Eropa lainnya, dengan alternative Paris, Milan, Rome, Frankfurt atau Munich. Untuk itu Garuda minta kepada anggota ASTINDO untuk memberi masukannya, 2 (dua) kota yang paling diminati oleh para client-nya, baik untuk berwisata maupun untuk ber-business”

Tradisi coffee morning bersama para pimpinan Travel Agent, sebagai forum komunikasi untuk berdialog dan menjalin hubungan harmonis antara Garuda sebagai National Carrier dengan para Travel Agent sebagai mitranya, akan diaktifkan kembali seperti yang pernah dilakukan beberapa tahun yang lalu. Erik menutup audiensi ini dengan menyatakan bahwa Garuda mendukung Travel Agent dengan perkataan “If we grow, you grow”. Jadi kalau ada pejabat Garuda yang tidak mendukung Travel Agent, berarti ybs against company policy. Pertemuan kali ini adalah mencurahkan “isi hati”, namun dipertemuan mendatang kita harus membicarakan “idea” 

Sf 01 – July 2014