Oleh : Sjachrul Firdaus – Direktur Eksekutif ASTINDO

Indonesia menjadi tuan rumah penyelenggaraan konggres dari United Federation of Travel Agent’s Association – UFTAA. Asosiasi yang beranggotakan para asosiasi travel agent dari seluruh penjuru dunia ini, untuk pertama kalinya akan mengadakan konggresnya di Indonesia, setelah ASTINDO masuk menjadi salah satu anggotanya.    

UFTAA Congress yang akan diadakan di Bali pada tanggal 16 – 19 November 2014 ini, merupakan  Congress yang ke 47, dan untuk pertama kalinya juga bahwa UFTAA Congress akan diawali dengan Travel Mart, yaitu forum B2B untuk Inbound Tour, dimana Buyer-nya yang berasal dari berbagai Negara itu juga dapat dijadikan partner untuk Outbound Tour, sedangkan Congress-nya sendiri membahas tentang Ticketing.    

Pada UFTAA Congress ke 47 di Bali ini akan menghadirkan Mr Dusan Kostic , IATA Regional Director, Financial and Distribution Services (FDS) sebagai salah satu pembicaranya. Pada pembicaraannya nanti, beliau akan mengangkat tema “From Being Hard to being strong” atau dari “Dari sulit menjadi kuat”.  Setelah menyampaikan pembicaraannya, Mr Kostic akan memberi kesempatan kepada para hadirin, khususnya kepada para pimpinan travel agent yang hadir sebagai peserta konggres, untuk tanya – jawab. Oleh karena itu dihimbau kepada anggota ASTINDO untuk dapat menghadiri acara Congress UFTAA di Bali ini.

Selain IATA Regional Director, juga akan hadir sebagai pembicara pada Congress UFTAA yang ke 47 ini Mr Andreas Korosi,  IATA - Travel Agency Commissioner (TAC) untuk Area 2 atau TC 2.  Topic yang akan diangkatnya adalah mengenai pentingnya mengetahui persyaratan penetapan resolusi yang dibuat oleh IATA atau yang dikenal dengan “IATA Reso” dan juga fasilitas TAC yang kadang membuat repot travel agent. Topic bahasannya diberi judul  “Prevention before cure” atau “Lebih baik mencegah dari pada mengobati”       

Anggota ASTINDO mendapat keringanan harga khusus untuk menjadi “Buyer” hanya dengan membayar Registration USD 250 dari yang seharusnya USD 800 untuk peserta dari Negara lain. Selain itu dapat me – refund USD 100 setelah mengikuti rangkaian acara demi acara UFTAA Travel Mart dan Congress. Paket tersebut sudah termasuk hotel, transportasi dan makan sesuai dengan program.  Bagi yang belum mendaftarkan diri, dapat segera mengisi formulir registrasi terlampir.