IATA memutuskan bahwa Citibank yang sebelumnya menjadi Bank untuk BSP (Billing Settlement Plan), akan digantikan oleh Deutsche Bank.  Keputusan penggantian bank tersebut diumumkan dalam APJC – (Agency Program Join Council) meeting yang diadakan secara regular oleh IATA.

APJC adalah suatu badan dibawah IATA  yang anggotanya terdiri dari Airlines dan Travel Agent, yaitu 7 (tujuh)  dari International Airlines dan 7 (tujuh) dari Travel Agent. Perwakilan ASTINDO yang duduk di APJC yaitu Elly Hutabarat (Ketua Umum), Pauline Suharno (Wakil Sekjen)  dan Rudiana (Wakil Ketua Umum) sebagai alternate.

Pada APJC meetings sebelumnya, ASTINDO telah mencoba untuk memperjuangkan kepada IATA agar pembayaran BSP bagi IATA Agent tidak kaku dan dipermudah, yaitu diantaranya dengan memperbanyak network bank nasional. Rupanya perjuangan itu tidak sia-sia, hingga akhirnya dipenuhi oleh IATA dengan menghadirkan bank yang dapat mengakomodir kepentingan anggota ASTINDO.

Deutsche Bank sebagai bank yang telah berpengalaman menjadi BSP Bank di beberapa negara, akhirnya terpilih menjadi BSP Bank di Indonesia. Hal tersebut karena Deutsche Bank dapat menyanggupi harapan travel agent di Indonesia seperti yang diusung oleh ASTINDO, yaitu dengan menunjuk Bank partner yang memiliki banyak cabangnya. Diantaranya dengan menggandeng  6 (enam) bank lokal dan 1 (satu) bank asing yang memiliki banyak cabang di Indonesia. Tujuannya agar para travel agent di berbagai penjuru Indonesia dapat dengan mudah melakukan transaksi pembayarannya. Adapun bank partner yang telah ditunjuk oleh Deutsche Bank adalah :

1.      BANK Mandiri,

2.      BNI 46,

3.      CIMB Niaga,

4.      Bank Permata

5.      Bank Danamon,

6.      BII dan

7.      DBS

Penetapan Deutsche Bank sebagai pengganti Citibank diharapkan dapat memenuhi  permintaan ASTINDO berupa kemudahan bagi Travel agent diantaranya:

1.      Fund Remittance pukul 17.00

2.      Transfer tanpa biaya dari bank partner ke payment bank

3.      Fasilitas direct debet dari bank partner tanpa dikenakan biaya

4.      Tidak harus membuka rekening di Deutsche Bank.

Dalam sosialisasi yang telah dimulai minggu ketiga bulan Oktober 2014 oleh Deutsche Bank dan IATA di Hotel Borobudur Jakarta itu, menjelaskan mengenai teknis pembayaran serta kebijakan baru mereka. Hadir pula dalam acara tersebut, bank-bank partner Deutsche Bank, sehingga travel agent yang hadir  dapat langsung bertanya kepada bank-bank tersebut, bank mana yang memberikan keuntungan lebih bagi para travel agent yang bersangkutan diwilayahnya.  Salah satu bank partner-nya, yakni BII akan menyediakan pelayanan 24 jam bagi travel agent di salah satu mall di Jakarta.

Selanjutnya sosialisasi peralihan payment bank oleh Deutsche Bank dan IATA akan dilakukan di seluruh Indonesia dengan cara roadshow kedaerah yang terdapat IATA agent. Demikian yang disampaikan oleh Pauline Suharno dan Elly Hutabarat pada rapat Pleno ke 20  Dewan Pengurus Nasional (DPN) ASTINDO bulan Oktober 2014. 

 

SF-01/10-2014