oleh : Sjachrul Firdaus - Direktur Eksekutif ASTINDO

Resiko kerugian berbisnis bagi travel agent, khususnya kehilangan keuangan akibat stop operasinya suatu maskapai, masih menjadi momok. Sejak kasus Adam Air, Batavia dan Mandala Air yang melakukan stop operasi dan tidak bisa mengembalikan dana Deposit ataupun ticket-ticket issued yang belum diterbangkan, telah merenggut lebi dari 60 Milyar Rupiah uang travel agent.

Untuk mengantisipasi kemungkinan kerugian tersebut, ASTINDO telah bekerjasama dengan pihak Asuransi Raya. Sekalipun pada kejadian stop Operasi Batavia Air baru ada 4 (empat) Travel agent anggota ASTINDO yang dapat memanfaatkan proteksi tersebut yaitu Pantravel, Kijang Tour, Masindo dan Tisatu , namun hingga berakhirnya MOU nya, banyak travel agent yang berkeberatan, karena aturan main pembayaran preminya.

Ketua Umum ASTINDO Elly Hutabarat, tidak pernah tinggal diam dan tidak pernah merasa puas apabila anggotanya masih merasa khawatir atas resiko berbisnis travel agent ini. Beliau meminta CIU Insurance untuk membuat skema kerjasama yang saling menguntungkan bagi kedua belah pihak. CIU Insurance bersedia memberikan “Free coverage” atau bebas membayar premi terhadap pertanggungan kerugian keuangan travel agent akibat stop operasinya suatu maskapai, juga termasuk kerugian kantornya apabila terjadi kebakaran. Free coverage dari CIU Insurance akan diberikan kepada anggota ASTINDO yang menjual “Travel insurance” nya, untuk memproteksi calon penumpangnya pada penerbangan domestic.

CIU Insurance adalah sebuah perusahaan asuransi yang lebih berkonsentrai terhadap proteksi dalam bidang Aviasi, diantaranya  menangani mayoritas Domestic Airlines termasuk Garuda untuk memenuhi  Peraturan Menteri (PM) No 77, yang dikeluarkan oleh Direktorat Jendral Perhubungan Udara, kepada seluruh maskapai yang beroperasi di Indonesia, terhadap pelayanan dan keamanan bagi penumpangnya, khususnya yang terkait dengan :

o   Kompensasi Delay

o   Bagasi rusak

o   Bagasi hilang

Aturan main atau skema kerja sama yang menguntungkan dengan CIU Insurance ini masih dalam pembahasan dari kedua belah pihak. CIU akan membuat MOU dengan ASTINDO sebagai payung untuk kontrak dengan anggotanya (travel agent), yang akan mendapat proteksi keuangan perusahaan dengan bebas premi, apabila terjadi stop operasi dari suatu maskapai dalam negeri, atau karena terjadinya suatu kebakaran kantor ataupun pencurian dengan kekerasan.

 

SF 01/12-2014