Pada hari ini Rabu tanggal 06 May 2015, dengan mengambil tempat di ruang pertemuan CIU Insurance di the City Tower lantai 28, Telah dilaksanakan penanda tanganan Nota Kesepahaman atau MOU antara ASTINDO dengan CIU Insurance. Penandatangan dilakukan langsung oleh kedua pucuk pimpinannya yaitu untuk ASTINDO oleh Ketua Umumnya - Elly Hutabarat, dan untuk CIU Insurance oleh Direktur Utama – Luki Wahjoe, serta disaksikan oleh Sekjen INACA – Tengku Burhanudin. 

Penanda tanganan MOU tersebut didasari karena adanya resiko kerugian berbisnis bagi travel agent, khususnya atas hilangnya sejumlah dana yang diakibatkan oleh pihak lain yang notabene adalah principalnya sendiri yaitu maskapai penerbangan. Beberapa maskapai penerbangan dalam negeri telah melakukan stop operasinya, dan telah merenggut dana operasional travel agent yang tidak sedikit. Sejak kasus Adam Air, Batavia dan Mandala Air (edisi pertama) serta Merpati Airlines, yang telah melakukan stop operasinya dan tidak bisa mengembalikan dana travel agent yang mengendap pada maskapai tersebut tidak kurang dari 70 Milyar Rupiah.

Untuk mengantisipasi kemungkinan kerugian tersebut terjadi lagi, pada tahun 2012, ASTINDO telah bekerjasama dengan sebuah perusahaan asuransi. Sayangnya pada kejadian stop Operasi Batavia Air baru ada 4 (empat) Travel agent anggota ASTINDO yang dapat memanfaatkan skema proteksi tersebut yaitu Pantravel, Kijang Tour, Masindo dan Tisatu. Namun hingga berakhirnya MOU dengan perusahaan asuransi tersebut, masih banyak travel agent yang berkeberatan untuk mengikuti program penjaminannya, karena pembayaran preminya dianggap cukup membebani.

Nampaknya Ketua Umum ASTINDO - Elly Hutabarat, tidak pernah tinggal diam dan tidak pernah merasa puas apabila anggotanya masih merasa khawatir atas resiko berbisnis travel agent ini. ASTINDO sebagai asosiasi yang sudah memiliki 12 (dua belas) Dewan Pengurus Provinsi (DPP) ini selalu mengutamakan kepentingan anggotanya, termasuk mencari jalan keluar atas perlindungan keamanan keuangan anggotanya, khususnya dalam menghadapi kemungkinan adanya maskapai dalam negeri yang stop operasi atau bangkrut lagi, yang dapat kembali merugikan para anggotanya.

Sejak berakhirnya MOU dengan perusahaan asuransi tersebut, ASTINDO berupaya kembali mencari perusahaan asuransi lain yang dapat menyajikan skema proteksi yang lebih meringankan beban anggotanya. Hingga  akhirnya bertemu dengan CIU Insurance yang dapat menawarkan proteksi atau jaminan keuangan travel agent tanpa harus membayar premi. 

CIU Insurance adalah sebuah perusahaan asuransi yang lebih berkonsentrai terhadap proteksi dalam bidang Aviasi, diantaranya  menangani mayoritas maskapai penerbangan dalam negeri termasuk Garuda dan Citilink, untuk memenuhi Peraturan Menteri (PM) No 77, yang dikeluarkan oleh Direktorat Jendral Perhubungan Udara.

ASTINDO meminta kepada CIU Insurance untuk membuat skema kerjasama yang saling menguntungkan bagi kedua belah pihak. CIU Insurance bersedia memberikan “Free coverage” berupa compliment atau bebas membayar premi terhadap pertanggungan kerugian keuangan travel agent akibat stop operasinya suatu maskapai, juga termasuk kerugian kantornya apabila terjadi kebakaran. Free coverage dari CIU Insurance akan diberikan kepada anggota ASTINDO yang menjual “Travel insurance” nya, untuk memproteksi calon penumpangnya pada penerbangan domestic.

Skema komprehensif yang dikemas oleh CIU Insurance memberikan manfaat :

1.      Bagi calon penumpang, dapat memberi jaminan terhadap risiko ketidak nyamanan selama melakukan perjalanan.

2.      Bagi Travel Agent, dapat memberikan jaminan terhadap risiko financial apabila terjadi stop operasi dari suatu Maskapai Penerbangan dalam negeri.

Anggota ASTINDO yang melakukan penjualan travel insurance produk CIU Insurance ini, secara otomatis akan mendapat perlindungan keuangannya dari akibat stop operasinya suatu maskapai dari dana-dananya yang tersimpan di maskapai tersebut meliputi :

1.      Dana deposit

2.      Sisa top up

3.      Ticket- ticket yang belum diterbangkan

4.      Ticket yang dalam pengajuan refund, dan  

5.      Kebakaran kantor

Memperhatikan manfaat skema CIU Insurance yang sangat komprehensif ini, akhirnya ASTINDO menyambut baik, dan pada hari ini dilakukan penanda tanganan MOU tersebut, yang kemudian akan dijadikan payung hukum untuk pelaksanaan kerja sama dengan para Travel Agent diseluruh Indonesia.