Oleh : Pauline Suharno – Wakil Sekjen ASTINDO

Beberapa waktu yang lalu Garuda Indonesia menerapkan suatu kebijakan pemasaran yang dampaknya  menurunkan nilai penjualan Travel Agent sebagai mitra usahanya. Diantaranya

1.     Garuda melakukandirect selling kepadaCorporate, Pemerintah Daerah, BUMN dll,dengan memberikan fasilitas harga corporate yang tidak diberikan kepada Travel Agent dengan menggunakan Corporate Online System (COS).

2.     Garuda memberikan potongan harga khusus kepada pelanggan yang membeli ticket di kantor penjualan Garuda, dengan menggunakan kartu kredit dari beberapa Bank tertentu. Sementara program tersebut juga tidak berlaku bagi Travel Agent.

Kedua hal tersebut tentunya telah menggerus pangsa pasar dari Travel Agent yang selama ini setia menjadi agen dari Garuda Indonesia. Dengan dijalankannya kebijakan tersebut, para pelanggan Travel Agent  menjadi berpindah, dengan membeli ticket langsung kekantor Garuda, karena mendapat harga yang jauh lebih rendah dari pada membeli di Travel Agent.

Keadaan diatas membuat para Travel Agent menjadi resah menghadapi kebijakan yang dibuat oleh  Garuda tersebut. Setelah menunggu cukup lama, akhirnya pada tanggal 24 Juni 2015, Dewan Pengurus Nasional (DPN) ASTINDO, dapat beraudiensi dengan Direktur Utama Garuda Indonesiabapak Arif Wibowo, yang sejak dilantik harus melaksanakan perjalanan dinas (Road show) keluar negeri bersama dengan Menteri Perhubungan Republik Indonesia. Dengan  didampingi oleh Direktur Niaga ibu Handayani dan team dari jajaran Niaga Garuda, menerima kehadiran team dari DPN ASTINDO. Pada audiensi tersebut, ASTINDO sebagai asosiasi Travel Agent yang anggotanya berperan sebagai mitra usaha dari Garuda Indonesia, namun diperlakuan sebagai competitor, menyampaikan keluhan-keluhan yang diderita oleh anggotanya.

Keluhan ASTINDO tersebut rupanya cukup didengar dan mendapat perhatian dari management Garuda Indonesia. Akhirnya pada tanggal 13 Agustus 2015, Garuda Indonesia mengeluarkan GA Info dengan Nomer :  358/GA/JKT/VIII/15, tentang “Promo Diskon Bank Partner”. Yang isinya pemegang kartu kredit dapat juga membeli ticket melalui Travel Agent dan mendapatkan diskon antara 5 – 35 % untuk semua rute dan Cabin.

 SF 001-09/2015