Setelah United Insurance Services  (UIS) memeriksa semua dokumen perpanjangan kontrak DIP yang diajukan oleh IATA agent, pada tanggal 31 Maret 2016 UIS mengumumkan hasilnya kedalam 3 kategori yaitu : Approved; Follow up dan Reject. Tentunya ASTINDO tidak tinggal diam disitu saja, namun tetap  memperjuangkan para Travel Agent, khususnya anggota yang berstatus Follow up dan Reject agar menjadi Approve. Sekalipun tidak semua dapat berhasil , namun Wakil Sekjen ASTINDO – Pauline Suharno yang telah rela berkorban hingga larut malam di kantor UIS dan IATA untuk membantu proses perbaikan status anggotanya, ada hasilnya.

Per tanggal 11‎ April 2016 ACA mengirimkan hasil akhirnya berupa data Travel Agent IATA yang perpanjangan kontrak DIP di approved atau di reject.  Bagi Travel Agent yang di-reject,  mau tidak mau harus menyerahkan Bank Guarantee (BG) paling lambat tanggal 14 April 2016. Apabila sampai dengan tanggal tersebut IATA masih belum menerima BG dari Travel Agent yang bersangkutan, maka Travel Agent tersebut tidak dapat meng-issue Ticket hingga IATA menerima BG nya. 

Bank Guarantee (BG) dapat dikeluarkan oleh Bank dengan menjaminkan aset/cash. IATA menentukan nilai atau jumlah angka pada BG yang harus diajukan adalah 3 (tiga) kali nilai periode rata-rata yang dihitung berdasarkan rata-rata penjualan selama 12 ( dua belas) bulan terakhir.

Bank Penerbit BG untuk IATA ini adalah Bank yang beroperasi di Indonesia dan memiliki layanan SWIFT (electronic BG). Berikut beberapa Bank yang telah mengeluarkan BG untuk IATA :

PT BANK INTERNASIONAL INDONESIA TBK.
PT BANK CENTRAL ASIA TBK.
PT BANK UOB INDONESIA
HONGKONG AND SHANGHAI BANKING CORPORATION LIMITED
PT BANK MANDIRI (PERSERO) TBK.
DEUTSCHE BANK AG
PT BANK CIMB NIAGA TBK.
PT BANK DBS INDONESIA
PT BANK RAKYAT INDONESIA (PERSERO) TBK.
PT BANK SYARIAH MANDIRI
BANK OF TOKYO-MITSUBISHI UFJ, LTD.
PT PAN INDONESIA BANK
PT BANK OCBC NISP TBK.
PT BANK DANAMON INDONESIA TBK.
PT BANK BUKOPIN TBK.
PT BANK MAYBANK INDONESIA TBK.
PT BANK EKONOMI RAHARJA
PT BANK NEGARA INDONESIA  (PERSERO) TBK.

PT BANK PERMATA TBK