Sambil berbuka puasa bersama pada tanggal 15 Juni 2016, dengan mengambil tempat di Sasono Mulyo 3 , Le Meridien Hotel di Jakarta, Dewan Pengurus Nasional (DPN) ASTINDO mengundang para Exhibitor ASTINDO Fair 2016 yang merupakan Travel Fair ke 6 yang diselenggarakannya.

Para undangan yang terdiri dari para pimpinan dan perwakilan International Airlines; National Tourist Organization (NTO); Travel Agent dan para Sponsor itu memang dihadirkan untuk mengikuti acara silaturahmi dan mendengarkan penyampaian ungkapan terima kasih kepada para exhibitor yang diberi judul “Thanks to exhibitor ASTINDO Fair 2016” yang disampaikan langsung oleh Ketua Umum ASTINDO, Elly Hutabarat.

ASTINDO Fair 2016 yang telah menghasilkan peningkatan sebesar 30 %, baik dari sisi transaksi maupun dari sisi pengunjung dibandingkan dengan tahun sebelumnya itu, adalah hasil kerja keras para exhibitor yang memanfaatkan momentum penyelenggaraan Travel Fair tersebut. Untuk pertama kalinya Kementerian Pariwisata Republik Indonesia ikut membuka booth pada ASTINDO Fair, setelah beberapa kali Wakil Menteri Pariwisata turut membuka ASTINDO Fair. Keberhasilan penyelenggaraan ASTINDO Fair ini juga telah mengundang minat Kemeterian Pariwisata untuk dialokasikan ruangan khusus pada penyelenggaraan ASTINDO Fair yang akan datang, guna memasarkan produk Domestik Tour, yang disampaikan oleh Asisten Deputi Pengembangan Segmen Pasar Binis dan Pemerintah - Tazbir Abdullah.    

Permohonan maaf juga disampaikan oleh ASTINDO kepada para calon exhibitor ASTINDO Fair 2016 yang dengan terpaksa ditolak, karena terbatasnya tempat yang tidak memadai, sehingga tidak bisa mendapatkan alokasi booth lagi. Dari kondisi tersebut, ASTINDO berusaha keras untuk memberikan jalan keluar bagi para calon exhibitor pada ASTINDO Fair yang akan datang, yang juga akan mendinamiskan bisnis anggotanya ini.    

Sebagai penyelenggara Travel Fair terbesar dan paling dinamis di Indonesia, team dari Dewan Pengurus Nasional ASTINDO yang dipimpin oleh Rudiana ini selalu merencanakan program kerjanya jauh-jauh hari dengan sangat matang. Kesempatan silaturahmi Buka Puasa dengan para exhibitornya dimanfaatkan sekaligus untuk melaksanakan “Soft Launching ASTINDO Fair 2017” yang akan diadakan pada tanggal 24 – 26 Maret 2017.

Melihat dari minat para calon exhibitor-nya, ASTINDO Fair 2017 akan diadakan di Jakarta Convention Center (JCC) lagi dengan mengambil lokasi yang lebih luas yaitu Assembly Hall dan Plenary Hall yang keseluruhannya menyediakan tempat seluas 12.000 M2 atau dua kali lipatnya dari tahun 2016. ASTINDO sadar sekali bahwa saat ini Travel Fair sudah menjadi andalan Travel Agent dan Airlines untuk menjual produknya secara cepat dan efektif.   

ASTINDO Fair tidak hanya didieslenggarakan oleh Dewan Pengurus Nasional (DPN) ASTINDO di Jakarta saja, namun DPN ASTINDO juga memberi kesempatan kepada cabang-cabangnya didaerah yaitu Dewan Pengurus Provinsi (DPP) untuk melaksanakan ASTINDO Fair. Untuk tahun 2016 ini yang sedang dan akan berjalan dilakukan oleh DPP Sumsel, DPP DKI dan DPP Jatim.

DPP ASTINDO Sumatera Selatan sedang menyelenggarakan ASTINDO Virtual Travel Fair untuk periode 15 – 30 Juni 2016, bekerja sama dengan Jetstar. DPP ASTINDO DKI akan menyelenggarakan ASTINDO Jakarta Travel Fair (AJTF) pada tanggal 16 – 18 September 2016 di JCC. DPP ASTINDO Jatim juga akan menyelenggarakan ASTINDO Jatim Fair yang ke 2 di tahun 2016 dan merupakan  ASTINDO Jatim Fair yang ke 4 kalinya ini akan diadakan pada tanggal 29 September – 02 October 2016 di Atrium Grand City Mall Surabaya.    

 

SF 1-6/2016