Memperhatikan penyelenggaraan ASTINDO Fair yang sudah berjalan hingga ke enam kalinya di tahun 2016, Japan National Tourism Office (JNTO) tidak pernah absen pada setiap tahunnya. Secara bergantian berbagai wilayah di Jepang itu selalu tampil memamerkan keunggulan obyek wisatanya pada pengunjung ASTINDO Fair. Sepertinya keikut sertaan berbagai wilayah di Jepang pada ASTINDO Fair itu menghasilkan kunjungan wisatawan Indonesia yang meningkat dari waktu ke waktu.


Potensi peningkatan wisatawan Indonesia ke Jepang itu tidak disia-sia kan oleh Gubernur Wakayama – Yoshinobu Nisaka. Pada waktu road show -nya ke Indonesia, beliau bersama Ambassador Japan untuk Indonesia mengundang khusus Dewan Pengurus Nasional (DPN) ASTINDO untuk duduk dalam satu meja. Yoshinobu menyampaikan keinginannya kepada Pengurus ASTINDO untuk memesan tempat pada ASTINDO Fair 2017 nanti, selain itu beliau juga mengundang Dewan Pengurus Nasional (DPN) ASTINDO untuk mengikuti Familiarization Trip ke Wakayama.


Undangan Famtrip ke Wakayama dipenuhi oleh Dewan Pengurus Nasional ASTINDO pada tanggal 22 – 28 May 2016. Program yang sangat padat disusun oleh Japan National Tourist Office Wakayama untuk memaksimalkan kunjungan perwakilan ASTINDO agar dapat melihat obyek-obyek wisata yang menarik dan fasilitas yang unik di Wakayama, diantaranya :


• Mengendarai Kereta Unik yaitu Tama train, Toy train, Strawberry Train yang tergabung pada Wakayama Electric Railway.
• Mengunjungi Kuroshio- Ichiba Market yaitu pasar ikan laut terbesar yang berlokasi di Wakayama Marina City, untuk menyaksikan Tuna Filleting Show.
• Mengunjungi proses pembuatan kecap secara tradisionil di Yuasa Soy Sauce Factory di Yuasa Town yang dikenal dengan tempat lahirnya Kecap Asin di Jepang.
• Mengunjungi pemandangan indah di Shirahama Beach yaitu resort tertua di Kansai.
• Mengunjungi bukit berbatu seperti Sandanbeki Rock Cliff; Senjojiki Rock Plateau dan Engetsu-to Island yang menjadi Symbol of Shirahama
• Mengunjungi Adventure World yaitu theme park yang terdiri dari safari park, aquarium, taman hiburan yang juga dihuni oleh Penguin.
• Dan masih banyak obyek lainnya yang juga diselipkan Hotel inspection.


Setelah mengikuti Famtrip, rombongan Dewan Pengurus Nasional (DPN) ASTINDO diterima secara resmi oleh Gubernur Wakayama untuk melaksanakan audiensi. Acara resmi tersebut disiarkan melalui Stasiun TV Japan yang peliputannya dapat dilihat di https://youtu.be/rH7jGp_xPy0 . Pada audiensi tersebut, Gubernur Yoshinobu minta masukan dari Dewan Pengurus Nasional ASTINDO, mengenai tips-tips untuk menarik minat wisatawan Indonesia agar lebih banyak yang berkunjung ke Wakayama.

 

SF 02-6/2016