Sejak tahun 2013, dalam rapat APJC ( Agency Program Joint Council ) pihak Airlines mengajukan proposal agar periode pembayaran BSP (Billing Settlement Plan) Ticket International (ticket issuance tanggal 1 s/d 8, pembayaran paling lambat tanggal 23) untuk disamakan seperti periode Domestik (ticket issuance tanggal 1-8, pembayaran paling lambat tanggal 15), menjadi One BSP Calendar payment. Terlebih lagi dengan telah diterapkannya penggunaan single currency Rupiah pada setiap penjualan ticket international.  Akan tetapi ASTINDO sebagai perwakilan travel agent selalu berupaya untuk mempertahankan kondisi pembayaran yang lebih meringankan anggota, yaitu seperti periode Ticket international yang sudah berjalan.

Karena sanggahan dari ASTINDO yang terus menerus untuk mempertahankan kondisi tersebut, sehingga pembahasan mengenai perubahan itu selalu menemui jalan buntu hingga menghasilkan deadlock hingga 4 X. Akan tetapi keadaan tersebut tidak bisa dipertahankan lagi, karena adanya klausal pada IATA Reso 818 g yang menyebutkan apabila sudah dibahas dalam 4 x forum APJC dan tidak tercapai kata sepakat, maka akan diajukan ke Paconf ( Passenger Agent Conference ) di IATA pusat. Dengan demikian hasilnya sudah bisa diduga, bahwa tuntutan airlines akan dipenuhi, yaitu implementasi One BSP Calendar akan dimulai tahun 2017 dan para Airlines sepakat untuk dimulai per tanggal 1 Januari 2017.

ASTINDO masih berupaya untuk melakukan negosiasi dengan National Carrier yaitu melalui Direksi Garuda Indonesia untuk menunda pemberlakuan One BSP Calendar tersebut, dengan tujuan untuk memberikan kesempatan kepada para travel agent melakukan sosialisasi kepada para pelanggan korporasinya, sambil menunggu diberlakukannya penggunaan Credit Card on Ticket, yaitu sistem pembayaran menggunakan kartu kredit dalam BSP ticket issuance. Dalam rapat dengan Direksi Garuda pada tanggal 24 Oktober 2016, Garuda menyetujui permintaan ASTINDO untuk memberlakukan One BSP Calendar dimulai pada tanggal 01 Juli 2017, akhirnya pada rapat APJC tanggal 2 November 2016,  dicapai kesepakatan antara airlines dan travel agent, bahwa pemberlakuan One BSP Calendar akan dimulai efektif tanggal 01 Juli 2017 atas dasar ticket issuance.

 

SF-PS 058/XI/2016