•    Oleh Subagiyo – Astindo /Jan-2012

DPP (Dewan Pengurus Provinsi) ASTINDO ( Asosiasi Perusahaan Penjual Tiket Penerbangan) DKI Jakarta telah menyelesaikan hajatan 4 (empat) tahunan-nya pada 12 Januari 2012, di Hotel Millennium Sirih-Jakarta, yaitu Musprov (Musyawarah Provinsi), sebagai forum musyawarah bagi anggota ASTINDO provinsi DKI Jakarta dengan  agenda utamanya pemilihan Ketua DPP ASTINDO DKI Jakarta yang baru, setelah berakhirnya kepengurusan DPP ASTINDO DKI Jakarta periode 2007-2011 yang dipimpin oleh Ibu Yanni Nizar.

Sekitar 70 dari 130an travel anggota astindo DKI Jakarta menghadiri Musprov ASTINDO DKI Jakarta 2012, sehingga forum Musprov ini dinyatakan quorum karena telah melebih 50% anggota plus 1 (satu). Antusiame sangat terlihat dari arena Musprov tersebut, tidak terlihat para anggota meninggalkan arena sampai berakhirnya acara Musprov. Sidang komisi-komisi yang biasanya  timpang  terisi, terlihat berimbang antar komisi  A dan komisi B dengan alur diskusi yang hidup. Acara Musprov semakin hidup dengan dipandu oleh MC  kita Ophan Lamara.

Hadir di arena Musprov Ibu Elly Hutabarat (Ketua DPN ASTINDO) yang sekaligus membuka acara Musprov 2012 kali ini, Ibu Meity Robot & Bapak Masri Mahmud sebagai penasehat ASTINDO DKI  Jakarta, Ibu Hasiyana S. Ashadi, Ibu Yanni Nizar sebagai Ketua DPP ASTINDO periode sebelumnya, dan Bpk Jongki Iswandi sebagai ketua OC, juga Bpk Rudiana.  Ibu Herna P.Danuningrat tidak  hadir  karena sedang ada tugas di Luar Negeri, juga Bpk Syarman Syarif Secretary kepengurusan sebelumnya yang sedang ada sedikit gangguan kesehatan.

Laporan pertanggungjawaban kepengurusan DPP ASTINDO 2007- 2011 yang disampaikan oleh Ibu Yanni Nizar sebagai ketua DPP ASTINDO DKI Jakarta 2007-2011 diterima secara aklamasi oleh peserta Musprov, yang selanjutnya dinyatakan demisioner.

Sebelum acara Musprov ini berlangsung, telah banyak beredar nama-nama yang pantas memimpin ASTINDO DKI Jakarta periode 2011-2015, seperti Rudiana, Pauline Suharno, Jongki Iswandi, Chris Subianto, Mangara Gultom karena terdengar kabar bahwa ketua periode 2007-2011 ibu Yanni Nizar tidak bersedia lagi dicalonkan.  Melalui penjaringan nama-nama CALON dari para peserta Musprov dan verifikasi dengan mengacu pada AD/ART ASTINDO dimana seorang ketua harus pemegang saham aktif & pernah menjadi pengurus, juga kesediaan dari calon tersebut maka mengerucut menjadi 4 (empat) yaitu Ibu Yanni Nizar, Bpk H. Riyanto, Bpk Chris Subianto & Bpk Mangara Gultom, namun 2(dua) nama pertama tidak bersedia dicalonkan, termasuk nama ke tiga, sehingga Calon tinggal 1 (satu) yaitu Mangara Gultom sebagai calon tunggal. Setelah melalui proses negosiasi yang berulang-ulang akhirnya disepakati dan diterima secara aklamasi oleh forum bahwa MANGARA GULTOM sebagai Ketua dan CHRIS SUBIANTO sebagai Wakil. Selamat ya Bang dan Om Chris ….selamat berjuang  buat industry dan anggota !

Sekitar jam 12.30 wib, para peserta Musprov belum beranjak dari tempat duduk, hadir ditengah-tengah forum Bapak Herry Bakti Dirjend Perhubungan Udara, Kemenhub RI. Kehadiran Bapak Direktur Jenderal adalah atas undangan DPN (Dewan Pengurus Nasional) ASTINDO untuk meresmikan Gelar Profesi Bidang Ticketing dan penyerahan Sertifikat Kompetensi bagi penerima Gelar Profesi Ticketing  batch-1 dan penyerahan SK Dewan Pakar (Komite Skema) bidang ticketing ASTINDO.

Sebagaimana diketahui bahwa telah ditetapkan penggunaan Gelar Profesi di bidang Ticketing, sebagai berikut : CTM (Certified Ticketing Manager),CSpT (Certified Supervisor Ticketing), CST (Certified Senior Ticketing) & CJT (Certified Junior Ticketing). Semoga ini menjadi awal kebangkitan profesionalisme SDM Travel Agency di Indonesia.***