•    Oleh Sjachrul Firdaus – LSP ATDA / Jan-2012

Pemberian gelar profesi dari industry merupakan suatu pengakuan terhadap status profesinya. Gelar yang disandang oleh para profesionalnyapun juga ditetapkan oleh industry melalui asosiasinya. Selama ini, pada industry travel agent belum pernah ada penetapan gelar profesi. Seiring berjalannya waktu, dan perkembangan kemajuan industry di Indonesia, ASTINDO melihat sudah waktunya Profesional travel agent memiliki pengakuan profesi melalui gelar kompetensi profesi-nya. Sebenarnya hal ini pernah digagas oleh Departemen Pariwisata Pos & Telekomunikasi pada tahun 2001, akan tetapi dalam perjalanannya terlalu banyak kendala, sehingga penggunaan gelar kompetensi profesi travel agent tersebut tidak kunjung muncul di industrinya.

Sebagai asosiasi travel agent yang membidangi ticketing, ASTINDO bertekad memajukan industrinya melalui pembinaan dan membangkitkan motivasi terhadap anggotanya. Untuk itu salah satu program kerja bidang Sumber Daya Manusia (SDM) nya adalah meningkatkan mutu profesionalisme anggota. Bidang SDM-ASTINDO menerapkan program pembinaan dan membangun motivasi melalui pengakuan terhadap kompetensi profesi yang selama ini belum terperhatikan. Program ini merupakan suatu proses untuk meningkatkan kualitas SDM anak bangsa, melalui assessment atau penelusuran bukti kompetensi. Program ini juga dilaksanakan khususnya dalam menghadapi Free flow of skill labor tahun 2015 yang sudah tinggal beberapa tahun saja.

Dengan dibentuknya Dewan Pakar Ticketing ASTINDO, yang kemudian bekerja sama dengan LSP-ATDA, maka  ditetapkanlah klasifikasi jabatan pada bidang ticketing untuk industry travel agent sebagai bentuk pengakuan terhadap kompetensi profesi jabatan ticketing tersebut,  ASTINDO menetapkan suatu “gelar” kompetensi profesi industry. Selain bertujuan untuk menyeragamkan tingkat profesionalisme SDM anggota, juga sebagai kredibilitas profesionalisme industry. Oleh karena itu ASTINDO menetapkan pemberian gelar kepada para profesionalnya  sesuai klasifikasi jabatan, sbb :

CJT - Certified Junior Ticketing
CST - Certified Senior Ticketing
CSpT - Certified Supervisor Ticketing
CTM - Certified Ticketing Manager

Untuk itu, bagi para professional yang sudah berhasil mendapat sertifikat kompetensi profesi tersebut, dihimbau agar segera menuliskan gelarnya pada bagian belakang nama, khususnya pada kartu nama bisnis maupun profile perusahaannya. (Ast-SF-02-01/2012 )