• oleh Subagiyo – Astindo / Mar-2012 / Minggu,18/3/2012 /  22.00 wib

Astindo Travel Fair  ( Astindo International Travel Fair ) 2012 hari ini berakhir setelah tiga hari berlangsung meriah dari tanggal 16-18 Maret 2012 di Jakarta Convention Center (JCC), Cendrawasih Hall. Walau ada sedikit gangguan teknis koneksi internet pada hari pertama (Jum’at) , namun sampai hari ketiga penyelenggaraan Event ini  para pengunjung  tetap antusias berdatangan untuk mendapatkan berbagai paket-paket wisata menarik baik manca negara maupun domestic, dengan dukungan 7 (tujuh)  major Airlines, yaitu: Cathay Pacific, China Airlines,Emirates, Garuda Indonesia, malaysian Airlines, Singapore Airlines dan Thai Airways yang menawarkan harga-harga special, juga BCA sebagai Official Bank yang menawarkan berbagai kemudahan bagi pemegang Kartu kredit BCA yaitu dengan cicilan 0% selama 6 (enam) bulan, program cash back &hot offer dari berbagai airlines, tersedia pula Premium Lounge bagi para pengunjung khusus  pemegang kartu kredit BCA Platinum & World. CHARTIS Travel Insurance sebagai co-sponsor juga tidak ketinggalan menawarkan asuransi perjalanan gratis untuk semua jenis tiket yang dibeli selama Astindo Travel Fair ini berlangsung. Co-sponsor yang lain adalah ABACUS Distribution System, dan First media.

Selama tiga hari event berlangsung,tercatat 45.000 pengunjung memadati berbagai booth para exhibitors, dengan total nilai transaksi 48 milyar rupiah, demikian release resmi dari Panitia.

Astindo menargetkan penyelenggaraan Astindo Fair 2013 mendatang 2 (dua) kali lebih besar dari penyelenggaraan Astindo Fair pertama (2011) & kedua (2012), sedang difikirkan pula kota penyelenggara selain Jakarta, mungkin Surabaya  salah satu kota alternative yang paling memungkinkan selain Jakarta, demikian Elly Hutabarat menjelaskan.

Astindo Fair  ( Astindo International Travel Fair) 2012 dibuka pada Jum’at (16/3/2012) oleh Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan, Herry Bakti mewakili menteri Perhubungan.

Ketua Umum Astindo, Elly Hutabarat mengatakan bahwa Astindo Fair 2012 merupakan pameran perjalanan internasional terbesar di Indonesia, yang  mempertemukan para pelaku usaha wisata dan industry pendukungnya di Indonesia untuk mempromosikan sekaligus menjual berbagai tujuan wisata dalam negeri (domestik) dan luar negeri (outbound) serta produk dan jasa wisata kepada end consumer dalam negeri.

ASTINDO FAIR 2012 merupakan Consumer Travel Fair (B2C) pertama yang sepenuhnya di selenggarakan oleh ASTINDO, tahun ini merupakan penyelenggaraan yang kedua kalinya. Ajang Consumer Travel Fair wisata ini didukung oleh seluruh komponen pariwisata di Indonesia, seluruh anggota ASTINDO, ASITA Jakarta, 7 (tujuh) maskapai penerbangan (airlines) domestic dan asing, serta sejumlah badan promosi pariwisata mancanegara dan domestik yang memperkenalkan keunikan destinasi termasuk atraksi wisata baru dan menarik.” Papar Elly.

ASTINDO FAIR diselenggarakan utamanya untuk menarik minat wisata masyarakat. Dengan mengunjungi ASTINDO Fair 2012, masyarakat mendapat bekal yang cukup untuk menentukan tujuan destinasi wisata tahun ini baik ke dalam dan luar negeri untuk tujuan  leisure maupun bisnis, dan mendapatkan harga menarik. Selain itu, diharapkan masyarakat Indonesia menjadi terbiasa untuk merencanakan perjalanan wisata sejak jauh hari sehingga dapat memperoleh pengalaman berwisata yang aman, nyaman, dan mengesankan,” tutup Elly.

Menurut Ketua Panitai Penyelenggara Astindo Fair 2012, Anto Haditono, Astindo Fair 2012 diikuti oleh 77 peserta pameran (exhibitor) untuk mengakomodasi kebutuhan pebisnis dan wistawan Indonesia melakukan perjalanan ke dalam dan luar negeri. Peserta Astindo Fair 2012 terdiri dari travel  agent, maskapai penerbangan, badan promosi pariwisata mancanegara dan domestic, hotel, wahana wisata, cruise lines, perbankan, asuransi perjalanan, dan media pendukung. Beragam paket wisata dalam negeri (domestik) dan luar negeri (outbound) serta produk dan jasa wisata ditawarkan kepada seluruh pengunjung dengan harga menarik. Selain itu, para pengunjung dapat memperoleh informasi mengenai tujuan dan trend wisata dalam dan luar negeri, papar Anto.

Astindo Fair 2012 menampilkan seluruh destinasi wisata dunia dan Indonesia, termasuk daerah tujuan wisata popular, obyek wisata, dan pengembangan produk baru, produk budaya, wisata budaya dan ziarah(pilgrim tour), sport & outbound tourism, city/urban tourism, incentive tourism, wisata bahari, water-based theme park, hotel, paket wisata, transportasi, dan travel ICT (GDS), lanjut Anto.

Tujuh maskapai penerbangan terkemuka berpartisipasi dalam ajang promosi wisata ini untuk menawarkan paket liburan dan paket khusus serta harga promosi tiket penerbangan internasional dan domestik dengan harga menarik (best offers fares) yang hanya bisa diperoleh di ASTINDO FAIR selama 3 (tiga) hari Ini saja. Ke-7 airlines ini adalah Cathay Pacific, China Airlines, Emirates, Garuda Indonesia, Malaysian Airlines, Singapore Airlines, dan Thai Airways.

Selain itu, terdapat 9 (Sembilan) badan promosi pariwisata internasional dan domestic yang berpartisipasi dan memamerkan destinasinya kepada para pengunjung pameran, Macau,Taiwan, Malaysia, Korea, India, Hong Kong, Australia,Thailand serta Nusa tenggara Barat. Mereka Juga akan menampilkan keunikan destinasinya dalam bentuk pertunjukan budaya. Tak hanya itu saja, beragam informasi mengenai daerah tujaun dan trend wisata domestic dan manca negara juga tersedia selama pameran.

“Kami percaya bahwa ASTINDO FAIR ( AITF ) 2012 merupakan tempat terbaik untuk menarik minat wisatawan Indonesia agar mengunjungi destinasi wisata domestik dan mancanegara”, tutup Anto.