• Oleh : Sjachrul Firdaus/Mar-2012/Jum'at,16 maret 2012

Pestanya para travel agent dan airlines adalah ketika mereka dapat melakukan transaksi penjualan produknya dalam skala yang lebih besar dari biasanya. Rupanya pesta seperti ini telah mereka rasakan ketika ASTINDO Fair pertama  di JCC 2011 tahun lalu, dimana  dalam  waktu 3 (tiga) hari saja 35.000 pengunjung telah mengunjungi booth-booth para exhibitors.

Dirjen Perhubungan Udara Membuka ASTINDO FAIR 2012
Sekitar pukul 10.00 wib, Direktur Jendral Perhubungan Udara Republik Indonesia - Herry Bakti,didampingi oleh President ASTINDO - Elly Hutabarat, Sekjen ASTINDO - Anto Haditono, Senior General Manager BCA - Santoso,  Head of Cunsumer Line s dari Chartis Indonesia – Phillipe Danielski, Wakil ASITA DKI - Hasiyana Ashadi, dan Managing Director Abacus Indonesia – Iswandi, bersama-sama menekan tombol sirene. Dengan terdengarnya suara sirene, sebagai tanda bahwa  Astindo International Travel Fair, yang diadakan di Jakarta Convention Center, dari tanggal 16 - 18 Maret 2012, secara resmi dibuka dan dapat dimulai.

ASTINDO FAIR - Travel Fair Terbesar di Indonesia
Dalam kata sambutannya Dirjen Perhubungan Udara mengatakan bahwa, Astindo International Travel Fair adalah merupakan travel fair yang terbesar di Indonesia. Hal tersebut beliau sampaikan, disamping karena banyaknya calon seller yang mengantri dan tidak kebagian booth, dan juga  karena melihat peserta pameran ini adalah para seller yang mendominasi dalam percaturan industry penjualan ticket penerbangan di Indonesia, baik para seller yang berasal dari perusahaan penerbangan internasional, maupun dari para travel agent,  yang tergolong sebagai travel agent yang leading di indonesia. Selain itu, beliau juga melihat dari kesuksesan AITF tahun 2011 lalu.

Dirjen Meninggalkan Rapat Demi ASTINDO FAIR
Setelah meresmikan pembukaan AITF. Dalam peninjauannya keliling ke stand-stand pameran (booth). Beliau sempat mendapat surprise ketika melihat salah satu stand pameran diisi oleh Kereta Wisata yang beroperasi di Indonesia. Jadi pameran ini tidak hanya menampilkan untuk perjalanan ke luar negeri (outbound) saja, namun juga untuk perjalanan didalam negeri. Selain itu ada 2 (dua) booth National Tourist Office (NTO) yang membuka booth-nya cukup besar, yaitu Thailand dan Taiwan, meminta Dirjen untuk singgah di boothnya , sekaligus untuk berfoto.  Diakhir kunjungannya beliau menyampaikan kebanggaannya terhadap penyelenggaraan AITF ini kepada President ASTINDO - Elly Hutabarat, dengan mengatakan, “saya berani menanggung resiko meninggalkan acara rapat lain yang seharusnya saya pimpin, karena AITF lebih penting”

Para Pendiri ASTINDO Hadir Memeriahkan Pembukaan ASTINDO FAIR 2012
Selain Elly Hutabarat dan Anto Haditono, acara pembukaan AITF juga dihadiri oleh pendiri (founder) ASTINDO lainnya. Diantaranya adalah , Stanley Susesno (Wita Tour), Jongki Iswandi ( Kijang Tour) , Meity Robot ( Iwata Tours),  Alfons Subijanto ( Atorina), Syarman Syarif ( KEM Travel), H. Riyanto (Dina Setya Rahma), Yanni  Nizar ( Sejati Tour) dan Anthony Akili ( Smailing Tour). Sementara undangan penting lainnya yang hadir adalah Phillipe Truchet – IATA Indonesia , Carla Parengkuan – PHRI, para Airlines Managers dari Garuda Indonesia, Malaysia Airlines, Emirates Airlines; China Airlines dan Cathay Pacific.            
Sedangkan perwakilan ASTINDO dari Dewan Pengurus Provinsi ( DPP) yang hadir diantaranya adalah Awan – DPP Lombok, Imam – DPP Jawa Timur, Tauhid – DPP Kalimantan Timur, Antony Thomasoa – DPP Maluku, dan T. Herriwansayah dari DPP Nangro Aceh Darusalam      
SF 01-03/ast/2012