oleh Sjachrul Firdaus – Astindo / May-2012

ASTINDO
menyadari bahwa core bisnis travel agent adalah “Ticketing” (menjual Tiket Penerbangan), Ketua Umum Astindo, Elly Hutabarat  menegaskan bahwa Astindo wajib membina para SDM anggotanya agar mencapai tingkat profesionalisme yang dapat bersaing dengan negara lain, apalagi  tidak lama lagi kita akan menghadapi “Free flow of skill labor” tahun 2015, untuk itulah ASTINDO tidak perlu menunda-nunda lagi untuk membentuk Astindo Training program, kemudian meyiapkan syllabus dan skema training yang dirancang khusus oleh Dewan Pakar Ticketing ASTINDO . Pelatihan ” Basic International Fares & Ticketing with ABACUS” telah dilaksanakan selama 5 hari, berlangsung dari  tanggal  7-11 May 2012.

Airlines Tidak Lagi Memberikan Training  
Mengingat bahwa para airlines sudah lama tidak lagi memberikan training mengenai ticketing maupun fare calculation, maka pembinaan yang paling utama bagi ASTINDO adalah melaksanakan training di bidang ticketing kepada anggotanya. Oleh karena itu training yang pertama dilaksanakan diberi nama “Basic International Fare & Ticketing with Abacus”. Training yang bekerja sama dengan ABACUS ini, di design khusus untuk para staf travel agent yang baru memahami web booking (domestic), yang ingin meningkatkan pemahaman terhadap “bagaimana menjual ticketing international”.

Materi Training Dikemas Khusus  
Dengan syllabus dan skema training yang dirancang khusus oleh Dewan Pakar Ticketing ASTINDO, training ini bukan saja untuk memenuhi tuntutan industry dan perkembangan IT saat ini, namun juga training ini disusun dengan memenuhi rambu-rambu yang ditetapkan oleh IATA. Dimana para instrukturnya adalah praktisi ahli dari industry yang juga diantaranya adalah berasal dari Dewan Pengurus ASTINDO. Mereka membawakan materi yang sesuai dengan bidang yang dikuasainya masing-masing. Materi yang diajarkan adalah :

•    Terminology ( IATA)
•    Global indicator
•    International Ticketing
•    Basic Fare Calculation
•    Confidential fare
•    Carrier fare (Airline’s special fare)
•    Global Distribution System – ABACUS

Training yang memakan waktu 5 ( lima ) hari ini, dimana angkatan pertamanya telah dilaksanakan pada tanggal  07 – 11 May 2012. Berhubung pemberitahuannya hanya beberapa hari sebelum pelaksanaannya, maka banyak anggota yang tidak mengetahui. Namun permintaan-permintaan yang terlambat pada angkatan pertama tersebut, akan ditampung pada angkatan kedua , yang rencananya akan diadakan pada tanggal 18 – 22 June 2012. Selain itu, apabila permintaan memang banyak, maka ASTINDO akan secara regular melaksanakan training seperti ini.

Sertifikat Pelatihan & Sertifikat Kompetensi
Semua peserta akan mendapat  sertifikat pelatihan, dengan judul Basic International Fares & Ticketing with ABACUS. Sertifikat inipun akan diajukan kepada IATA untuk dapat diterima sebagai persyaratan keanggotaan IATA.  Disamping itu, training inipun diakhiri dengan uji kompetensi, yang juga berfungsi sebagai proses sertifikasi yang dilaksanakan oleh LSP ATDA,  untuk menjadi “Junior Ticketing”.  Bagi mereka yang kompeten, akan mendapat sertifikat kompetensi profesi dari BNSP, serta berhak menyandang gelar Kompetensi Profesi Ticketing  yaitu  “Certified Junior Ticketing ( CJT)” seperti yang telah ditetapkan oleh ASTINDO , dan telah diresmikan oleh Dir-Jen Perhubungan Udara.

Sebagai kata penutup dalam sambutannya pada pelatihan batch-1,  ibu Elly Hutabarat  menekankan bahwa yang penting bisnis anggota ASTINDO harus maju, dan harus optimis bahwa industry travel agent di Indonesia dapat bersaing dengan Negara tetangga.
(SF 01-05-AST-2012)