Oleh Tim Editor – Astindo / May-2013

Dewan Pengurus Nasional (DPN) Astindo telah memulai program-program Training kepada anggota  sejak awal tahun 2012 bekerja sama dengan ABACUS Indonesia.  Melihat animo dan kebutuhan anggota yang semakin tinggi, akhirnya pengurus DPN yang baru periode 2012 – 2016  pada rapat pleno pertama yang dipimpin oleh Ketua Umum – ibu Elly Hutabarat, memutuskan untuk segera mendirikan ASTINDO Training Center (ATC).
Pada rapat pleno kedua pada tanggal 10 April 2013, DPN ASTINDO menjadualkan training perdana yang akan segera dilaksanakan oleh ASTINDO Training Center (ATC) pada tanggal 10 Juni 2013.

ASTINDO Training Center akan menyajikan pelatihan-pelatihan yang dibutuhkan oleh para travel agent, diantaranya ditujukanuntuk melatih para Sumber Daya Manusia (SDM) new comer pada travel agent, calon SDM lulusan SMK ataupun lulusan SMA, atau jugapara pencari kerja yang berlatarbelakang berbagai disiplin ilmu.  Selain itu, ASTINDO Training Center juga akan menyajikan program pelatihanbagi SDM travel agent yang akan meng- up grade diri ke level yang lebih tinggi, juga untuk para guru Ticketing dan Reservation dari lembaga pendidikan atau sekolah kejuruan yang mengajarkan ticketing.

Materi pelatihan yang Up to Date
ASTINDO Training Center akan mengakomodir para ahli dan para senior praktisi dari travel agent dan airlines sebagai tenagapengajarnya. Skema training dari masing-masing program pelatihan, penyusunannya melibatkan Dewan Pakar Ticketing ASTINDO. Sehingga produk training yang akan disajikan akan menampilkan materi pelatihan yang up to date di industry, diharapkan akan menjadi acuan bagi lembaga pendidikan lainnya, bahkan dapat membantu pemerintah dalam menetapkan kurikulum pendidikan kejuruan untuk mata pelajaran Ticketing dan Reservation

Kelas Perdana ASTINDO Training Center yang akan dilaksanakan pada bulan Juni 2013 ini adalah pelatihan untuk Junior Ticketing. Training ini ditujukan kepada ticketing staf travel agent, baik yang baru bekerja atau juga bagi mereka yang ingin meningkatkan kemampuan dan pemahamanya terhadap “kompetensi menjual ticket international”.

Modul training dirancang khusus oleh DewanPakar ASTINDO, yang bertujuan untuk memenuhi tuntutan industry dan perkembangan IT saat ini, yang isinya terdiri dari :
•  How to read Confidential fare
•  Airline’s special fare
•  Terminology ( IATA)
•  Basic Fare Calculation
•  International Ticketing
•  Global Distribution System (GDS)

Dengan pelatihan-pelatihan yang akan disajikan oleh ASTINDO Training Center, diharapkan dapat menjawab pertanyaan  “ Bagaimana menghasilkan Ticketing staff yang professional”. Koordinator Bidang SDM – DPN ASTINDO sdr Denny M Noordin dari MAS Travel menyanggupi untuk mengkoordinir pelaksanaan training di daerah-daerah seperti Surabaya, Bali, Lombok, kaltim, dan lan-lain yang  begitu antusias menanti lahirnya Astindo Training Center (ATC). Kita semua berharap ATC ke depan akan menjadi Center Of Excellence bagi SDM travel Agency di Indonesia. ***