Bukan tujuan, tidak pernah menjadi target, dan tidak pernah terbayangkan menjadi Penerima Penghargaan sebagai Pendukung Industri Terbaik, kata Ketua Umum ASTINDO – Pauline Suharno.

 

Kementerian Koordinator Kemaritiman & Investasi (Kemenko Marves)  bersama Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) yang telah menyelenggarakan apresiasi kepada lembaga dan instansi pengelola Pariwisata di Indonesia.

Pada hari Jumat 14 Desember 2023, ASTINDO-Asosiasi Travel Agent Indonesia mendapatkan BBWI (Bangga BerWisata di Indonesia) Award kategori industri pendukung BBWI terbaik. ASTINDO satu-satunya Asosiasi disektor Periwisata yang diberi penghargaan sebagai wakil dari industri Pariwisata yang dinilai sebagai Pendukung Terbaik dari industri, dalam mendinamiskan pergerakan perjalanan wisata di Indonesia melalui program Bangga BerWisata di Indonesia (BBWI).

Penganugrahan BBWI Award, bukan saja karena ASTINDO bersama dengan GIPI sukses menyelenggarakan #DiIndonesiaAja Travel Fair (DIATF) selama 2 kali di tahun ini yakni di Mal Kota Kasablanka pada tanggal 19 – 21 May 2023 dan di Mal Central Park tanggal 01 – 03 December 2023, tetapi cikal bakal program BBWI diawali dengan konsistensi ASTINDO sejak 13 tahun lalu yang selalu menghadirkan dan mensubsidi para Dewan Pengurus Daerah (DPD) nya dari berbagai Provinsi untuk mengikuti ASTINDO Travel Fair di Jakarta sejak tahun 2011, untuk proaktif mempromosikan destinasi wisata didaerahnya yang tersebar seluruh Indonesia.

ASTINDO konsisten melaksanakan Pelatihan-pelatihan dan Sertifikasi Kompetensi di daerah, untuk meningkatkan kapasitas kemampuan Sumber Daya Manusia (SDM) pariwisata yang menjadi garda terdepan dalam melayani wisatawan. ASTINDO telah melakukan pembinaan terhadap para pelaku Pariwisata dengan melaksanakan Bimtek, Pendampingan, Supervisi hingga Pelatihan B to B terhadap para pelaku Desa-desa Wisata yang dinilai serius dan berpotensi untuk dijadikan komponen Paket Wisata. ASTINDO juga melakukan Up grading & Up skilling Training hingga pelaksanaan Sertifikasi Kompetensi bagi para SDM Biro Perjalanan Wisata (BPW), sebagai pemetaan kompetensi SDM BPW dan Tour Operator di 17 provinsi di Indonesia.

Pengalaman ASTINDO dalam penyelenggaraan ASTINDO Travel Fair selama 13 tahun berturut-turut, menjadi pertimbangan bagi Kemenkomarvest RI untuk menyelenggarakan DIATF hingga yang ke 2 X nya. Begitu pula dengan Dinas Pariwisata & Ekonomi Kreatif DKI Jakarta yang menugaskan ASTINDO untuk menyelenggarakan Road Show Jakarta Travel Fair (JTF) di 3 kota, yaitu Palembang, Surabaya dan Lampung dibulan November dan December 2023.

Pada penyelenggaran DIATF pertama di bulan Mei 2023, yang merupakan Travel Fair Perdana untuk Wisata Domestic di Indonesia, ASTINDO harus mencari pendanaan secara mandiri. Untungnya ASTINDO sudah mendapat kepercayaan dari berbagai Bank, hingga dapat didukung oleh 5 Bank terbesar di Indonesia yakni BCA, BNI, BRI, CIMB Niaga dan Mandiri, yang selain memberikan dana operasional, juga mendukung dari segi promosi dan pemasaran.

ASTINDO akan terus melanjutkan pengembangan Travel pattern destinasi wisata di Indonesia dengan intens melakukan pelatihan untuk Tour Operator di daerah serta mengkurasi produk-produk tour yang akan dipasarkan oleh seluruh travel agent anggota ASTINDO baik di dalam maupun diluar negeri, ujar Anton Sumarli- Wakil Ketua Umum I DPP ASTINDO.

Pauline menyampaikan terima kasih kepada Dewan Pengurus Pusat (DPP) ASTINDO yang tidak pernah lelah mendinamiskan industri Pariwisata  demi mensejahterakan anggotanya, para Travel Agent diseluruh Indonesia.

SF – December 2023

 

Join to newsletter.

Curabitur ac leo nunc vestibulum.