Hasil program kerja ASTINDO yang telah diraih diantaranya adalah :

1. Telah mendirikan Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Air Transport Distribution Services & Agencies (ATDA) yang mendapat lisensi dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) dengan No : BNSP-LSP-064-ID pada bulan Juni 2010, dan telah melaksanakan Sertifikasi Kompetensi SDM Travel Agent di 14 (empat belas) provinsi di Indonesia hingga Juni 2021 sebanyak 1870 orang hingga bulan Mei 2021.

2. Melaksanakan ASTINDO Travel Fair di setiap awal tahun pada triwulan pertama  sejak tahun 2011, yaitu sebagai Consumer Travel Fair atau B to C, yang diikuti oleh para Travel Agent, Airlines, Hotel, Kementerian Pariwisata, Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) dari berbagai Provinsi di Indonesia, juga National Tourist Organization dari berbagai Negara.

Penyelenggaraan ASTINDO Travel Fair tahun 2020 adalah yang ke 10 (sepuluh) kalinya dilaksanakan di Jakarta, dan di tahun 2021 kami terpaksa meliburkan penyelenggaraannya karena kondisi yang tidak memungkinkan di masa pandemic.

ASTINDO Travel Fair bukan hanya dilaksanakan oleh DPP saja di Jakarta namun telah ditularkan kepada DPD-DPD yang sudah diselenggarakan oleh DPD Jatim di Surabaya, DPD Sumsel di Palembang, DPD Bali dan DPD Sumbar di Padang.  

3. Pembuatan Website dengan address www.astindo.org  sebagai forum komunikasi dan sarana informasi bagi anggota ASTINDO maupun bagi masyarakat umum sejak tahun 2012. Selain itu dilanjutkan dengan Social Media lainnya seperti Facebook, Instagram, Twitter dan YouTube.

4. Untuk meningkatkan profesionalisme Sumber Daya Manusia (SDM) Travel Agent anggota, ASTINDO mendirikan ASTINDO Training Center (ATC) sejak bulan Juni 2013, telah melaksanakan program training sebanyak 87 (delapan puluh tujuh) class/angkatan yang diikuti oleh 791 (tujuh ratus Sembilan puluh satu) peserta dari beberapa provinsi.  Adapun training yang diselenggarakan adalah sbb :

  • Basic Int’l Fares & Ticketing + GDS
  • Professional Selling
  • Service Excellence
  • Digital Marketing
  • Tour Leader
  • Inbound & domestic tour plan and quotation
  • Outbound Tour Plan and quotation
  • Back Office System Travel Agent 
  • Marketing
  • Leadership

5. Dari sisi Proteksi keuangan Travel Agent anggota yang beresiko tersimpan di maskapai domestik sebagai Top up dan Refund, kami pernah menggandeng beberapa perusahaan asuransi seperti Raya Insurance, AIU dan CIU, dimana diantaranya ada 7 Travel Agent peserta yang terselamatkan dananya ketika Batavia Air berhenti beroperasi, karena mengikuti program ini. Sayangnya program tersebut tidak terlalu populer sehingga ada yang melanjutkan lagi, karena dianggap menjadi beban.   

6. Sebagai Asosiasi Travel Agent yang aktif dan dinamis, ASTINDO sering diundang mengikuti Famtrip oleh para National Tourist Organization (NTO) atau Tourism Promotion Board dari berbagai negara tujuan wisata dunia.  

7. Seiring dengan perkembangan zaman dan tekhnologi, kita tidak dapat lagi menghindar dari yang namanya “Digital”, mengingat membuat/membangun suatu digital system untuk Travel Agent itu biayanya cukup mahal, maka kami berusaha memfasilitasi digitalisasi anggota untuk menjadi Online Travel Agent (OTA) dengan membangun suatu Platform yang diberi nama “ASTINDO Hub” sejak tahun 2016. Namun sejak di launching tahun 2017, ASTINDO Hub ini berkembang terus mengikuti dinamika bisnis kebutuhan anggota.

8. Menginisiasi dan memprakarsai penyelenggarakan perayaan ulang tahun ASEAN yang ke 50 pada tahun 2017 di Indonesia, bekerjasama dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, sehingga seluruh rangkaian kegiatan perayaan ASEAN Golden Celebration termasuk pelaksanaan Annual General Meeting ASEANTA, FATA dapat dilaksanakan di Indonesia dan di expose oleh Media International sebagai Perayaan Ulang Tahun ASEAN ke 50.

9. Atas instruksi Menteri Pariwisata & Ekonomi Kreatif bapak Arif Yahya di tahun 2017 yang melihat ASTINDO dinilai sangat dinamis dan berkompeten untuk melaksanakan Travel Mart Inbound. Akhirnya kami memulai menyelenggarakan ASTINDO Travel Mart di tahun 2018 yang mempertemukan para pelaku Travel Agent dari luar negeri dari Kawasan Asean sebagai Buyer dengan Travel Agent/Tour Operator dari dalam negeri sebagai seller nya sebagai forum B to B Inbound.

Ditahun 2019 kami diminta untuk lebih meningkatkan lagi dengan mengundang para Buyer dari Kawasan Asean, Asia, Eropa dan Australia. Sayangnya ditahun 2020 pandemic covid 19 mulai menjangkit, sehingga kami terpaksa menghentikan sementara penyelanggaraan ASTINDO Travel Mart secara temu muka.

10. Dimasa pandemic covid 19 yang dimulai di tahun 2020, ASTINDO tetap berusaha mendinamiskan industry pariwisata dan menyemangati para pelaku pariwisata dengan menyelenggarakan ASTINDO Virtual Travel Mart Nusantara, yaitu mempertamukan Para Travel Agent dari kota-kota besar sebagai pembeli (Buyer), dengan para Travel Agent/Tour Operator dari berbagai Daerah sebagai pemilik paket/produk wisata destinasi yang berperan sebagai penjual/Seller.

Di tingkat internasional, ASTINDO juga menyelenggarakan ASTINDO Virtual Travel Mart Indonesia, yaitu mempertemukan para pelaku Travel Agent (Buyers) dari Manca Negara (Asean, Asia, Eropa dan Australia)  dengan pelaku Travel Agent/Tour Operator dari dalam negeri sebagai seller, yang dilaksanakan pada bulan April 2020 .

Selain itu ASTINDO juga menyelenggarakan berbagai Virtual Travel Mart lainnya yang bekerja sama dengan :

  • Ipos Bakusapa untuk penjualan Hotel,
  • Indonesia Tour Leader Forum (ITLF) untuk Outbound Tour
  • Indonesia Adventure Travel Trade Association (IATTA)
  • ASTINDO Virtual Travel Fair bersama Kementerian Pariwisata
  • Dan lain-lain

Kantor DPP ASTINDO

Sekretariat DPP ASTINDO telah memiliki kantor sendiri yang bertempat di pusat kota Jakarta berlokasi di Pusat Bisnis Thamrin City lt 7, Jl Thamrin Boulevard Jakarta Pusat , tidak jauh dari Bundaran HI. Kantor seluas 150 M2 itu terdiri dari:

  • Training Room yang dilengkapi dengan PC yang dapat mengakomodir hingga 25 orang.
  • Ruang meeting yang dapat mengakomodir hingga 26 Orang
  • Ruang Direktur termasuk meja meeting
  • Ruang Sekertaris dan Reception
  • Ruang Accounting dan sekretariat LSP ATDA
  • Dan semua furniture serta pendukung fungsi ruangan masing-masing.

Beralamat di :

Pusat Bisnis Thamrin City Lantai 7, Suite 711 A-B, Jl. Thamrin Boulevard, Jakarta 10230 - Indonesia

Tel (62-21) 3199 0535 ; 3199 0531; 3199 0529  Fax. (62-21) 3199 0549

Email : info@astindo.org , Website: www.astindo.org

 

SUSUNAN

DEWAN PENGURUS PUSAT (DPP) - ASTINDO

2021 – 2025

PELINDUNG/DEWAN PEMBINA

:

- Menteri Perhubungan

- Menteri Pariwisata & Ekonomi Kreatif

- Direktur Jenderal Perhubungan Udara

- Direktur Angkutan Udara

 

 

 

DEWAN PENGAWAS/PENASEHAT

 

 

Ketua

:

Elly Hutabarat – Pantravel

Anggota

:

Bisono Haditono – Golden Rama Tour & Travel

Anggota

:

Awanadhi Aswinabawa – A & T Holidays Lombok

Anggota

:

Mangara Gultom – Nikita Tour & Travel

 

 

 

Ketua Umum

:

Pauline Suharno – Elok Tour

Wakil Ketua Umum I

:

Anton N Sumarli – Travelux

Wakil Ketua Umum II 

:

Simon Purwa – KCBJ Bali

Wakil Ketua Umum III 

:

Davy Batubara – Smailing Tour

Sekretaris Umum        

:

Jeffry Darjanto– Panen Tour

Bendahara Umum

:

Christanto Subianto – Altorina

 

 

 

Ketua Bidang Organisasi

:

Dyna Sami - Dyna Setya Rahma 

Ketua Bidang Antar Lembaga

:

Hendri Yapto - Dwi Daya

Ketua Bidang SDM

:

Priyadi Abadi – Adinda Azahra

Ketua Bidang Humas 

:

Madeleine Sophie – Era Lintas Pertiwi

Ketua BidangIT

:

Hanley  Budiman – Clio Tour & Event

Ketua Bidang Ticketing

:

Marty Soemarjo – Indo Tour

Ketua Bidang Tour International & MICE

:

Teguh Heri Basuki – Samasta Tour & Travel

Ketua Bidang Tour Inbound & Domestic

:

Heben Ezer – Xpose Leisure Management

 

 

 

Direktur Eksekutif

:

Sjachrul Firdaus

Sekretaris Eksekutif

:

Nurhayati